Manfaat Kencur sebagai obat tradisional alami

Manfaat Kencur sebagai obat tradisional alami



Kencur yaitu tumbuhan berbatang lunak dengan daging berwarna putih serta kulit luar berwarna coklat. Kerapkali dimaksud dengan nama cikur oleh orang Sunda, ceuko oleh orang Aceh serta cekir oleh orang Sumba. Kencur biasanya digunakan juga sebagai bumbu dapur mulai sejak masa jaman dulu. Diluar itu kencur dapat juga dipakai juga sebagai bahan baku jamu serta obat herbal tradisional. Didunia modern ini, kencur juga dipakai juga sebagai bahan kosmetik, fitofarmaka, penyedap rasa serta minuman dalam paket. Kencur dalam arti lati dimaksud Kaempferia galanga L. Tanaman ini memiliki kandungan minyak atsiri serta alkaloid serta bisa dipakai juga sebagai stimulan.

kencur

Kencur adalah nama yang dipinjam dari bhs sansakerta, kachora yang bermakna temu putuh atau curcuma zedoaria. Tanaman ini banyak diketemukan di Asia Tenggara, Cina Selatan, Indonesia sampai Australia Utara. Terkecuali dipakai juga sebagai bumbu masakan tradisional Indonesia, jamu-jamuan juga memakai tanaman ini juga sebagai bahan baku. Kencur juga digunakan juga sebagai tonik untuk menaikkan nafsu makan untuk anak-anak. Jamu yang populer memakai kencur yaitu jamu beras kencur, yang terkecuali bisa menyehatkan juga terasa enak sekali. Diluar itu kencur mempunyai manfaat seperti berikut :
Faedah Kencur untuk penyembuhan

Pelangsing badan
Satu rimpang kencur ditambah satu sendok tepung beras serta satu potong gula kelapa diseduh dengan satu gelas air panas. Ramuan ini bisa diminum 3x satu hari dengan cara teratur.

Obat batuk
Tiga potong kencur sebesar jari diparut serta dimasukkan ke 1/2 gelas air yang telah digabung garam seperlunya. Minum ramuan ini saat pagi serta sore, jadi tenggorokan anda bakal lancar.

Menyembuhkan keseleo
satu rimpang kencur serta beras yang telah di rendam, ulek sampai halus serta lumatkan ke-2 bahan itu dengan air. Berikan ramuan ini di bagian badan yang keseleo.

Menaikkan nafsu makan
Beras disangrai, lantas ditumbuk sampai halus. Kencur diparut serta diblender. Beberapa bahan ini lalu digabung, diperas serta disaring. Imbuhkan air hangat sedikit untuk sedikit. Disamping itu masak asam jawa serta gula merah serta disaring. Campur seluruhnya bahan lantas disaring serta dapat diminum.

faedah kencur

Mulai sejak masa dulu kencur memanglah di kenal juga sebagai tanaman yang memiliki kandungan manfaat obat yang bisa menyembuhkan beragam jenis penyakit. Menurut riset di laboratorium, tanaman ini memiliki kandungan banyak manfaat lantaran memiliki kandungan kian lebih 23 senyawa serta salah satunya tujuh memiliki kandungan senyawa monoterpena, aromatik serta seskuiterpena. Komposisi kimia dari kencur yang termasuk juga rimpang ini yaitu pati sejumlah 4%, mineral 13, 73% serta minyak atsiri 0, 02%. Tanaman yang disebut warisan leluhur ini semestinya memperoleh perhatian serius oleh pemerintah serta butuh digalakkan pelestariannya. Hingga banyak generasi kita yang mengetahui tanaman ini serta memakainya dirumah

0 Response to "Manfaat Kencur sebagai obat tradisional alami"

Posting Komentar

wdcfawqafwef